Artikel

Satgas Narkoba dari Perspektif Mahasiswa

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) merupakan salah satu bidang yang ada di BNNP DIY yang memiliki tugas mendiseminasikan program P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba). Pada kesempatan kali ini akan membahas salah satu kegiatan yang dilakukan bidang P2M khususnya Seksi Pemberdayaan Masyarakat yaitu melakukan ‘Supervisi Hasil Implementasi Rencana Aksi Penggiat Anti Narkoba’. Pada tahun ini P2M melakukan kegiatan Supervisi dan Tes Urine di Lingkungan Pemerintah, Swasta dan Pendidikan.

Supervisi merupakan salah satu bentuk kerjasama kepada instansi, sekolah, perguruan tinggi dan swasta yang telah memiliki Penggiat dan Satgas Anti Narkoba maupun yang belum ada dan membentuk Satgas baru, dengan supervisi ini salah satu cara menanamkan pengetahuan mengenai Narkoba kepada masyarakat dan mengajak para penggiat dan satgas aktif melakukan kegiatan anti narkoba dan berbagi pengetahuan kepada masyarakat luas.

Supervisi tahap pertama telah dilakukan pada pertengahan tahun, sementara untuk tahap kedua kali ini merupakan lanjutan dari tahap pertama, bedanya tahap kedua lebih melihat bagaimana pelaksanaan rencana aksi dari para penggiat/satgas anti narkoba yang telah dilakukan dan hambatan-hambatan yang dilakukan mereka.

Pembentukan Satgas Anti Narkoba salah satu gerakan untuk menekan prevalensi penyalahgunaan Narkoba dan memperbanyak pengetahuan lebih luas mengenai Narkoba. Tugas Satgas/Anti Narkoba yaitu memberikan dan menjelaskan apa itu Narkoba, bahaya mengenai Narkoba dan masih banyak lainnya kepada lingkungan internal maupun eksternal dari instansinya.

Kebanyakan satgas/penggiat anti narkoba dapat menjadi penyuluh untuk menyebarkan informasi ke instansi /sekolah lainnya. Mereka juga melakukan berbagai event terkait Narkoba dan mengajak masyarakat mengikutinya. Mereka juga saling mengunjungi sesama satgas anti narkoba untuk berbagi ilmu dan berdiskusi.

Semoga dengan adanya Satgas/Penggiat Anti Narkoba ini bisa membuat Indonesia terbebas dari Narkoba, jika tidak dari sekarang kapan lagi membuat dunia ini menjadi lebih baik.

Artikel Opini ditulis oleh:

Andini Seftya (UMY)

apa yang di butuhkan untuk mendapatkan pemateri dari BNN?

07 November 2017

Pengirim: thoriq,  Uraian pertanyaan:slamat pagi tanpa mengurangi rasa hormat, mohon bimbingannya. nama thoriq asal dari UNY. dalam menyambut Hari Anti Narkoba Internasional yang jatuh tanggal 26 Juni 2013 akan datang. kami mau mengadakan seminar. tujuan sosialisasi P4GN terhadap Mahasiswa". 1....

P4GN dapat dibagikan softcopynya?

07 November 2017

Pengirim: Drs. Gathot Wardoyo, Uraian pertanyaan:Kami Kader P4GN di SMP Negeri 3 Berbah, menerima panduan Pemberdayaan Sekolah dalam mewujudkan sekolah bebas dari Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba tahun 2013, Sekiranya berkenan mohon dikirim soft copy panduan tsb melalui email saya. Tr...

Frequently asked questions (FAQ)

07 November 2017

Apa Kepanjangan dari BNNP DIYJawab : Badan Narkotika Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta  Apa yang dimaksud dengan NarkobaJawab : Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Bahan Berbahaya Lainnya. Apa itu Rehabilitasi ?Rehabilitasi adalah proses pemulihan pada ketergantungan penyalahgunaan narkoba (pecandu) secara komprehensif meliputi aspek biopsikososial dan spiritual sehingga memerlukan waktu lama, kemauan keras, kesabaran, konsistensi, dan pembelajaran terus-menerus.Dengan adanya Klinik Pratama SEGER Waras diharapkan dapat mempermudah pengguna narkoba untuk mendapatkan akses pelayanan rehabilitasi untuk menjadi pulih dan tidak kambuh kembali. Layanan apa saya yang ada di klinik seger waras?Jawab:• Konseling individu• Konseling adiksi• Psikoterapi• Evaluasi psikologi• Psikoedukasi• Terapi kelompok (group therapy)• Konseling keluarga• Terapi simptomat...

KONTAK KAMI

Jln. Brigjen Katamso Komplek Perkantoran (Selatan Purawisata) Yogyakarta

Telp: 0274) 385 378

bnnp_diy@bnn.go.id

www.yogyakarta.bnn.go.id

STATISTIK PENGUNJUNG

9303
Pengunjung Hari ini :Pengunjung Hari ini :18
Pengunjung Kemarin :Pengunjung Kemarin :163
Pengunjung Minggu ini:Pengunjung Minggu ini:721
Pengunjung Bulan ini:Pengunjung Bulan ini:2590
TotalTotal9303
Copyright ©2018 BNNP DIY. Modified by Hammus Creative Land

Search