Beranda » Artikel » Tanda-tanda Awal Murid yang Beresiko

Kamis, 19 Februari 2015 - 21:03:06 WIB

Tanda-tanda Awal Murid yang Beresiko

Perkembangan dari waktu ke waktu menunjukkan bahwa anak memiliki resiko terlibat dalam persoalan sosial, kesehatan, termasuk penyalahgunaan narkoba terutama dalam kehidupan sehari-hari. Kombinasi faktor-faktor tersebut harus terlihat sebelum menduga adanya penggunaan narkoba, namun meskipun semua faktor tersebut ada, penggunaan narkoba hanya merupakan salah satu kemungkinan diantara banyak hal yang bisa melanda murid dan para pemuda.

Berikut adalah tanda awal yang patut diantisipasi:

1.      Perubahan kepribadian yang menonjol

Misalnya, seorang murid yang tenang dan bersuara lembut tiba-tiba menjadi ribut dan kasar. Perubahan juga bisa terjadi perlahan-lahan, yang hanya bisa dikenali setelah menyadari perubahan tersebut dan sebaliknya.

2.      Suasana hati yang berubah-ubah

Suasana hati bisa berubah-ubah tanpa alasan, yang biasanya disebabkan oleh masalah yang sederhana.

3.      Perubahan penampilan fisik atau kesehatan umum

Perubahan terhadap berat badan, pola tidur, dan kesehatan umum bisa terjadi secara tiba-tiba atau berangsur-angsur. Hal ini bisa dilihat dengan ciri bergumam, jalan sempoyongan, lemah, pupil mata membesar, banyak bicara, euphoria, mual dan muntah-muntah.

4.      Perubahan dalam performa di sekolah

Perubahan tingkah laku terhadap murid yang rajin menjadi malas, bisa menjadi tanda ada kesulitan. Namun sebaliknya, perubahan yang cepat dari tingkah laku yang buruk menjadi rajin juga bisa menjadi tanda yang penting.

5.      Peningkatan komunikasi rahasia dengan orang lain

Misalnya, seorang murid melakukan komunikasi yang rahasia dengan orang lain. Namun perlu diingat, bahwa sebagian perilaku tersebut bisa menjadi perilaku remaja yang biasa.

6.      Intuisi

Orang dewasa dapat merasakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres terhadap seorang murid beradasarkan pengetahuan orang dewasa tersebut.

7.      Kebutuhan uang yang meningkat

Semakin tergantung seseorang terhadap narkoba, semakin besar kebutuhan mereka akan uang. Namun uang bukan satu-satunya yang dapat digunakan untuk memperoleh narkoba, misalnya menukar dengan barang-barang pribadinya dan melakukan tindakan seksual.

8.      Sebaiknya jangan terlalu cepat menyimpulkan sesuatu

Sebaiknya orang dewasa juga tidak terlalu cepat menyimpulkan seorang murid mempunyai masalah narkoba. bisa jadi, alasan-alasan tersebut di atas belum tentu menunjukkan bahwa seorang murid mempunyai masalah narkoba.


Belum Ada Komentar


Isi Komentar










pencarian

member

agenda

sosial media


link