Beranda » Berita » PELATIHAN VOKASIONAL SABLON DI RUMAH DAMPING

Rabu, 22 Februari 2017 - 15:48:18 WIB

PELATIHAN VOKASIONAL SABLON DI RUMAH DAMPING

Rumah Damping BNNP DIY memberikan pelayanan rawat inap selama lima puluh hari pada klien mantan pecandu narkoba. Berbeda dengan pelayanan pascarehabilitasi rawat jalan, pelayanan Rumah Damping mengutamakan kegiatan vokasional untuk menambah keterampilan klien. Pelatihan vokasional diberikan sesuai minat bakat klien. Pelatihan vokasional yang dilaksanakan pertama di tahun 2017 yaitu pelatihan sablon. 

Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 21 Februari 2017 sampai dengan tanggak 23 Februari 2017 bertempat di Rumah Damping BNNP DIY Jalan Prawirotaman III Mg. III No. 852 Yogyakarta. Rumah damping menyediakan layanan bimbingan lanjut rawat inap bagi klien yang telah selesai menjalankan layanan terapi rehabilitasi untuk persiapan kembali ke lingkungan keluarga dan masyarakat dalam menjalankan fungsi sosialnya dengan mengembangkan keterampilan sesuai minat dan bakat klien untuk mendukung program pemulihan klien.

Pada pelatihan ini, klien diberikan pengarahan dan praktik awal pembuatan sablon .diantaranya yaitu : pengenalan alat dan bahan sablon serta pembuatan screen. Pertemuan pertama yang berupa materi dan dilanjutkan praktik langsung membuat klien memahami teori dan praktik. Dengan demikian, klien Rumah Damping BNNP DIY Tahap I terlihat antusias mempelajari pembuatan sablon.

Selain kegiatan pelatihan sablon, pada tanggal 22 Februari 2017, Penanggung Jawab Rumah Damping BNNP DIY melaksanakan Monitoring dan Evaluasi ke-3 di Rumah Damping BNNP DIY bersama Kasi Pascarehabilitasi BNNP DIY. Monitoring dan Evaluasi diawali dengan pengecekan data asesmen oleh Penanggung Jawab Rumah Damping. Klien baru tersebut dinyatakan lolos administrasi dan hasil tes urine negatif. Setelah pengecekan data asesmen, Penanggung Jawab Rumah Damping memberikan pengarahan serta motivasi pada 2 klien baru. Selanjutnya, penjelasan program dan alur layanan Rumah Damping dijelaskan oleh Kasi Pascarehabilitasi.

Monitoring dan evaluasi ke-3  yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan vokasional sablon, sehingga Penanggung Jawab Rumah Damping serta Kasi Pascarehabilitasi dapat meninjau vokasional tersebut secara langsung. Klien yang sedang melaksanakan praktik vokasional pun semakin antusias mengikuti kegiatan karena disaksikan langsung oleh Penanggung Jawab Rumah Damping. Dalam Monitoring dan Evaluasi yang bersamaan dengan vokasional tersebut, Penanggung Jawab Rumah Damping juga memberikan masukan agar klien dapat memproduksi serta memasarkan produk.


Belum Ada Komentar


Isi Komentar










pencarian

member

agenda

sosial media


link