Beranda » Artikel » APA SAJA AKTIVITAS DI RUMAH DAMPING BNNP DIY?

Kamis, 09 Maret 2017 - 10:25:00 WIB

APA SAJA AKTIVITAS DI RUMAH DAMPING BNNP DIY?

 

Sabtu lalu (4 Maret 2017) di sebuah rumah di Jalan Prawirotaman Yogyakarta,terlihat beberapa orang menonton film Hijrah Cinta. Sebuah film tentang bagaimana seseorang pecandu menemukan jalan hidupnya dan bertaubat.  Mereka adalah klien pasca rehabilitasi yang tengah mengikuti Saturday night activity (SNA) di Rumah Damping BNNP DIY. SNA merupakan kegiatan setiap malam minggu yang diadakan atas prakarsa Bidang Rehabilitasi BNNNP DIY. Dengan menonton film tersebut diharapkan klien bisa membuka wawasan bagaimana seseorang bangkit dari permasalahan hidup yang menimpanya dimasa lalunya.

Rumah Damping merupakan suatu tempat yang menyediakan layanan bimbingan lanjut rawat inap bagi klien yang telah selesai menjalankan layanan terapi rehabilitasi untuk persiapan kembali ke lingkungan keluarga dan masyarakat dalam menjalankan fungsi sosial dengan mengembangkan keterampilan sesuai minat dan bakat klien untuk mendukung program pemulihan klien.

Jenis layanan pasca rehabilitasi melalui Rumah Damping terdiri dari pencegahan kekambuhan (relapse prevention), ketahanan diri, pengembangan diri, vokasional, bimbingan konseling dan psikoterapi, layanan pola hidup sehat, psikososial, manajemen kasus, dan kelompok bantu diri (self help group). Layanan Rumah Damping juga menyediakan program vokasional yaitu peningkatan keterampilan klien sebagai sarana dukung saat kembali ke masyarakat yang tentunya disesuaikan dengan minat dan bakat klien. Program vokasional itu antara lain pelatihan membatik, kuliner, sablon dan sesain grafis. 

Apa saja kriteria klien yang dapat mengikuti program pasca rehabilitasi ?

1. Telah mengikuti serangkaian program rehabilitasi

2. Menunjukkan sertifikat selesai mengikuti program rehabilitasi

3. Menunjukkan identitas diri (KTP,SIM)

4. Mengikuti Asesmen Pra Program

5. Tidak ada hambatan dalam menjalankan program pasca rehabilitas berdasarkan hasil Assesmen

6. Bersedia mengikuti seluruh kegiatan program pasca rehabilitasi

 

Pelayanan Pasca Rehabilitasi BNNP DIY

Jalan Brigjen Katamso Komplek Perkantoran (Selatan Purawisata) Yogyakarta

 

Rumah Damping BNNP DIY

Jalan Prawirotaman III Mg.III No 852 Yogyakarta

 

"Pecandu sudah kehilangan masa lalu dan masa kininya. Jangan sampai mereka kehilangan masa depannya."

 

(w)


Belum Ada Komentar


Isi Komentar










pencarian

member

agenda

sosial media


link