Skip to main content
Artikel

Peringatan HUT ke-75 RI di Lingkungan BNNP DIY

Dibaca: 13 Oleh 18 Agu 2020Januari 1st, 2021Tidak ada komentar
Peringatan HUT ke-75 RI di Lingkungan BNNP DIY
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Bulan Agustus menjadi salah satu bulan yang cukup semarak dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. BNNP DIY pun mencoba merayakan arti kemerdekaan di tahun ini dengan berbagai macam kegiatan. Tujuannya adalah memaknai kemerdekaan tidak hanya sebagai simbol, namun juga sebagai kesempatan untuk berkarya tanpa batas. Menyatukan keberagaman melalui kolaborasi dan kerja nyata.

 

BNNP DIY melakukan rangkaian kegiatan sebagai berikut:

  1. Jalan Santai dan Pemasangan Umbul-umbul.

Pada tanggal 14 Agustus 2020, pegawai BNNP DIY  melaksanakan jalan santai mengitari rute sekitar Nol Kilometer dalam rangka kampanye damai Hidup 100% tanpa narkoba. Sementara di sekitar kantor, dipasang umbul-umbul dan bendera merah putih untuk menyemarakkan suasana kemerdekaan.

  1. Anjangsana

Untuk mengenang momen sejarah berdirinya BNNP DIY, beberapa personel yang masih aktif melakukan anjangsana ke rumah pegawai yang telah purna tugas pada hari Jumat, 14 Agustus 2020. Ibu Indartiningsih, B.A adalah salah satu pegawai pertama saat Badan Narkotika Provinsi (BNP) pertama kali beroperasi. Sembari berbagi kisah, pegawai yang aktif juga mendapatkan motivasi untuk tetap semangat dalam berkontribusi hingga purna tugas.

  1. Pengukuhan Satgas Mahasiswa

Sebagai upaya berperan aktif dalam gerakan P4GN, organisasi HISMAPARTA adalah wadah satgas anti narkoba mahasiswa di DIY. Organisasi ini diikuti oleh beberapa satgas kampus di Yogyakarta. Pada Jumat 14 Agustus 2020 telah dilaksanakan Pengukuhan Pengurus Hismaparta periode 2020/2021. Bertempat di ruang rapat, kegiatan dimulai pukul 7.30 tepat. Kegiatan dipimipin oleh Kabag Umum BNNP DIY sekaligus mengukuhkan mewakili Kepala BNNP DIY. Acara dilaksanakan secara virtual, diikuti oleh seluruh pengurus dari tempat masing-masing. Sementara yang mewakili pengukuhan di BNNP DIY hanya 4 mahasiswa.

  1. Talkshow Angkringan TVRI Jogja

Dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI yang Ke 75 di masa pandemi wabah Covid 19  melanda, upaya edukasi bahaya narkoba harus tetap dilaksanakan, dengan menggunakan modifikasi cara yang aman. Hal ini dilaksanakan oleh BNNP DIY  dengan kegiatan edukasi  Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba melalui media elektronik dalam bentuk talkshow di Program Komedi Situasi “Angkringan Jogja”  dengan tema “Bersatu, Bergerak dan Berjuang Melawan Narkoba Untuk Indonesia Maju”. Bekerjasama dengan TVRI jogja dalam Program Talkshow “Angkringan” yang dikemas dengan guyonan khas Jogja sehingga pesan yang disampaikan mudah diterima oleh masyarakat Pemirsa TVRI.

  1. Upacara Detik-detik Proklamasi secara Virtual

Pada puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75, para pejabat struktural di lingkungan BNNP DIY mengikuti upacara Detik-detik Proklamasi secara virtual dari ruang rapat kantor  dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sementara pegawai BNNP DIY lainnya mengikuti jalannya upacara dari rumah masing-masing.

  1. Lomba 17an

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Agustus 2020, ini bertujuan untuk memeriahkan suasana 17an dengan perlombaan individu, yaitu lomba membawa kelereng dengan berjalan mundur dan lomba menggiring balon di track lurus.

Selain itu juga ada lomba yang membutuhkan konsentrasi antara lain lomba memasukkan sedotan kecil dalam botol serta memecahkan balon dengan mata tertutup. Tak hanya lomba individu, untuk mengasah kemampuan wawasan kebangsaan pegawai, terdapat lomba yang membutuhkan kerjasama dalam tim, dengan kompetisi menebak lagu nasional Indonesia dengan cara pantomim. Perlombaan ini selain mengajak pegawai berkompetisi, namun juga bertujuan untuk merajut kebersamaan antar pegawai. Mengisi kemerdekaan, hidup 100% tanpa narkoba,

  1. Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

Sebagai bagian dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, para pahlawan merupakan pihak yang sangat berjasa. Untuk itu, pejabat di BNNP melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara pada tanggal 19 Agustus 2020 sebagai bentuk penghormatan tertinggi.

 

Adhika Pertiwi, S.Sos.

Perencanaan BNNP DIY

 

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel