
Yogyakarta – Dalam upaya peningkatan kualitas layanan publik, BNNP DIY melakukan inovasi melalui kegiatan Layanan Terpadu Mobile. Dalam kegiatan ini tim layanan terpadu BNNP DIY langsung menyambangi ke masyarakat untuk memberikan pelayanan ke masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk semakin mendekatkan akses masyarakat terhadap layanan yang ada di BNNP DIY, contohnya pendaftaran untuk pembuatan SKHPN, pendaftaran untuk rehabilitasi rawat jalan, permintaan penyuluhan narkoba, skrining penyalahgunaan narkoba, dan layanan pengaduan.
Pada Kamis, 8 Oktober 2020 Tim Layanan Terpadu BNNP DIY menyambangi para pengunjung Kalinampu Natural Park yang berada di daerah Pundong, Bantul. Selama kurang lebih empat jam tim BNNP DIY membuka stand pelayanan di tempat wisata tersebut.
Kegiatan ini sebelumnya telah disosialisasikan melalui Instagram BNNP DIY agar masyarakat mengetahui keberadaan dan waktu pelaksanaannya. Pagi sebelum keberangkatan tim layanan terpadu mobile ini melakukan briefing di halaman depan BNNP DIY.
Pada giat kali ini, total ada 16 (enam belas) orang pengunjung yang mengakses layanan informasi terkait SKHPN, permintaan sosialisasi, proses rehabilitasi dan bagaimana mengenali ciri-ciri penyalahguna narkoba. Pengunjung diminta untuk mengisi buku kunjungan dan lembar survei. Ada banyak pedagang UMKM yang juga turut interaktif selama kegiatan.
Tim Layanan Terpadu Mobile juga bekerjasama dengan Tim Sosialisasi Terpadu P4GN dalam menggencarkan semangat hidup 100%, sehat tanpa narkoba. Kegiatan ini juga banyak mendapatkan dukungan dari panitia di Kalinampu Natural Park. Selain informasi, petugas juga membagikan leaflet yang berisi informasi terkait layanan kepada masyarakat di sekitar tempat kegiatan. Sosialisasi layanan terpadu mobile juga dilakukan secara daring dengan memanfaatkan sosial media yaitu Instagram dan website BNNP DIY.